Adv

Menikmati Sedapnya Makan Siang di Ayam Ulekan


Perjalanan menuju rumah sahabat yang berada didaerah Jeruju. Siang hari yang panas dan jalan yang bergelombang menjadikan perjalanan penuh tantangan. Berdebu dan penuh keringat. Setelah berhahaha hihihihi lalu pamit pulang karena perut sudah kelaparan. Sebenarnya di Jeruju sendiri memang banyak lokasi yang menjual makanan dan minuman sepanjang jalan. Tapi memang mesti teliti melihat kebersihan lokasi dan menebak apakan makanannya enak atau tidak. Butuh insting dan feeling yang tajam.

Setelah menajamkan mata saya melihat Rumah Makan Ayam Ulekan yang punya cabang cukup banyak di Pontianak. Kali ini ya pasti Ayam Ulekan Cabang Jeruju yang terletak di Jalan Jend Kom Yos Soedarso. Saya berusaha mencari nomor lokasi ini, tapi tidak ketemu. Namun jika ingin ke sini tidaklah susah karena berada dipinggir jalan utama. Lokasinya luas dan besar. Kita bisa memilih bagian luar jika ingin kena angin langsung atau di bagian dalam, mau meja kursi atau menggunakan lesehan. Semuanya bisa dinikmati. Cuma memang parkirannya agak sempit.
 
Begitu sampai didalam saya disuguhkan daftar menu yang ada, cukup banyak pilihan makanan disini. Ada yang paketan ada juga per item menu. Kali ini saya mencoba  Ayam asam manis Rp 12.000 tanpa nasi, Sop ceker ayam Rp 10.000,- dan Karedok seharga Rp 12.000,- Saya meilih es jeruk kecil sebagai miuman siang saya agar bertambah segar dan pastinya menyempurnakan makanan saya.
 
Makanan dibuat dan disajikan saat kita pesan. Jadi masih mumbul asapnya saat dihidangkan, ada untungnya juga memilih duduk didalam, aroma masakan yang lezat tercium langsung! Duh bikin ngences! Makanan saya dalam hitungan kurang dari 15 menit sudah tersaji diatas meja, langsung saya seruput kuah bening sup ceker tersbut, wah rasa minyak bawang putih menyerang lidah bersama dengan gurihnya ceker ayam dan rasa yang belum pernah saya rasakan di kuah sup sebelumnya, yup! Ini rasa dan aroma daun jeruk purut, saya belum pernah merasakan sup beraroma seperti ini selain dikuah soto. Suegeeer!
 
Selanjutnya terhidang ayam asam manis yang cukup berbeda dengan gaya masak tiongkok. Yang ini berasa lebih ke pedes jawa dengan tomat, beradu dengan aroma bawang putih dan daun bawang serta cabe besar yang ditambahkan kedalamnya. Ayamnya sendiri sudah digoreng dan diungkep sebelumnya sehingga aroma rempahnya merasuk kedalam daging ayam. Perpaduan yang muantep tenan!

Untuk melengkapi kesemuanya saya tetap butuh tambahan makanan berserat, maka karedok yang merupakan perpaduan sayuran mentah dan saos kacang berpadu menjadi satu, yang jelas gurih kacang berpadu dengan rasa kencur yang tajam menandakan makanan ini khas sunda ditambah dengan rasa pedas yang cukup kencang. Semuanya berpadu dalam rasa. Saya sendiri selalu suka sengan sayuran. Siang ini saya benar-benar dimanjakan dengan rasa.
 
Dengan lokasi yang besar dan penataan letak yang baik membuat tempat ini terasa lapang dan nyaman, sayang parkirannya masih terlalu sempit, saya yakin juka tempat ini terisi penuh maka akan kesulitan untuk parkir. Lokasi yang berada dipinggir jalan dan terbuka cukup rentan dengan debu dan asap kendaraan. Untuk makanan yang saya pesan, komentarnya satu, Enak! Dari 10 saya memberi nilai 7,5 dan selamat mencoba dan menjadikannya sebagai referensi kuliner anda. YUMCES!



Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.