Bagaimana Berprilaku di Jamuan Makan?



Pernahkan diundang makan malam yang berkelas? Lalu kebingungan bagaimana tata cara makan dikeluarga atau dikelompok tersebut. Entah itu bergaya sok kerajaan atau bergaya Bar Bar? Kalau memang saprahan pasti makan dalam satu tampah bersama. Lalu bagaimana jika undangan makan itu berasal dari keluarga berkelas atau mungkin diundang direstoran yang mempunyai “manner” tersendiri? Saya pernah mengikuti kelas “Table Manner” yang hampir mirip satu sama lainnya, hasilnya satu, makan jadi terkekang dan kenyang sebelum waktunya. Padahal biasanya makanan yang disediakan enak enak banget.
 
Tapi mau bagaimana lagi? Keadaan memaksa saya untuk mengikuti semua aturan yang ada. Kalau misalnya anda terjebak dalam keadaan seperti ini, mudah-mudahan tulisan saya bisa membantu sedikit banyak perilaku makan anda. Selamat belajar teman J


Etika Makan
Manusia,semenjak jaman purba,mungkin telah mengenal etiket makan.Kebiasaan untuk berbagi hewan buruan di jaman dahulu kala telah menjelma menjadi ritual.Bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis, tidaklah aneh jika sekali waktu diundang relasi atau rekan kerja untuk santap malah di sebuah restoran atau hotel.Dan menjadi sebuah kenyataan jika kiblat etika makan banyak berkiblat ke Eropa (Perancis, Inggris) dan Amerika Serikat.
Berikut ditampilkan etika makan yang berlaku dan menjadi kebiasaan di Eropa dan Amerika.

Aturan Dasar di Meja Makan
Beberapa etiket yang harus diperhatikan :
   Saat memulai
Tuan rumah atau penjamu akan memperilahkan duduk,persilahkan wanita disebelah anda untuk duduk terlebih dahulu.Tarikan kursi untuk nya, dan bantu saat duduk.

Setelah wanita dan anak-anak duduk, anda bisa untuk ikut duduk di tempat yang disediakan.
Ambil serbet atau napkin yang diletakkan dimeja atau diatas pirin,lipat menjadi 2.Boleh segitiga atau persegi panjang,dan letakkan di pangkuan anda.Fungsi dari napkin ini agar makanan yang jatuh ke pangkuan tidak mengotori celana atau gaun anda.Jangan tautkan serbet di kerah anda hingga menjuntai seperti mainan.
Makanan akan disajikan dari sisi kanan anda, jadi pastikan sisi kanan atas meja bersih dari benda-benda pribadi : tas tangan, gadget atau kotak hadiah untuk penjamu.Benda-benda pribadi tersebut menyulitkan waiter saat meletakkan piring.

Anda tidak diperkenankan meletakkan siku di meja.Batas tangan yang boleh bersentuhan dengan meja adalah pertengahan antara pergelangan tangan dan siku.
Saat makan, bukan dengan membungkuk dan mulut anda yang menghapiri sendok.Namun sendok yang mengarah ke mulut anda.

Penggunaan perlengkapan makan :sendok, garpu dan pisau mulai dari urutan terluar hingga terdalam.Soup spoon atau sendok sup biasanya diletakan di bagian atas dan bisa digunakan untuk menyantap sup sebagai hidangan pembuka.

Jika anda bingung dengan banyaknya sendok dan garpu,jangan malu untuk bertanya kepada waiter yang menyajikan makanan, tentang perlengkapan yang digunakan.Dibeberapa tempat, perlengkapan makan disiapkan berbarengan dengan makanan yang disajikan, untuk menghindari kebingunan.Sebaiknya tunggu tuan rumah untuk mempersilahkan menikmati urutan makan, mulai dari makanan pembuka hingga makanan pencuci mulut.

   Saat menyantap
Biasanya pramusaji akan mengantarkan roti, pilih salah satu dan letakkan pada piring roti.Jangan pindahkan roti dari atas piring,cuil roti dalam ukuran kecil.Dan dengan pisau roti yang sudah disiapkan olesi dengan butter atau margarine.Jangan mencocokkan roti dalam makanan hidangan utama.
Ketika sup disajikan,perhatikan kekentalan sup.Untuk sup kental,semacam cream soup,anda bisa menyedok dari luar ke dalam.Namun untuk sup encer, seperti Clear Chicken Soup, sebaiknya menyendok dari dalam keluar agar tidak memercik ke baju.Jangan terlalu penuh.Apabila sup dirasa terlalu panas,diamkan sebentar di sendok sup.Jangan meniupnya,karena sup bisa terpercik dan mengenai sekitar anda.

Ketika makanan utama disajikan, biasanya berupa daging atau steik,potong dengan pisau steik yang disediakan.Perkirakan ukuran potong kecil untuk sekali suap.Ketika memasukkan potongan daging steak kemulut, ujung garpu menghadap kebawah.

Jangan menambahkan garam atau lada ke makanan sebelum dicicipi atau dimakan sedikit.Hal tersebut dianggap menghina koki yang memasakkan makanan.Ada beberapa makanan yang punya tata cara sendiri
1. Artichoke
Makannya bisa langsung dicabut dengan tangan
2. Caviar
Jangan sekali-sekali pakai alat makan yang terbuat dari metal karena bisa merusak rasa caviar itu sendiri. Biasanya disediakan alat yang terbuat dari cangkang kerang mutiara.
3. Tiram (yang sudah dibuka setengah cangkangnya)
Angkat dengan tangan kiri, kemudian ambil tiram dengan garpu tiram dengan tangan kanan.
4. Soup
disendok menjauhi badan biar ga nyiprat ke badan.
5. Risotto
Risottonya diratakan dipiring,Makan dari pinggir ke tengah piring
Jika ragu, dan tidak tahu cara menyantap sebuah hidangan, jangan malu untuk bertanya ke waiter yang menyajikan hidangan tersebut.Misal, cara memecah kulit lobster.Atau minta bantuan waiter untuk melakukannya dengan pelengkapan yang disediakan.

   Selama Jamuan Berlangsung
Biarkan tuan rumah yang memulai percakapan.Senyumlah dengan santai saat bercakap-cakap.Jangan mengunyah sambil berbicara.Kondisikan gadget anda dalam posisi silent atau getar.Dan tidak diperbolehkan memainkan gadget saat mekan malam.
Apabila hendak ke kamar kecil, ijinlah ke penjamu anda dengan mengucapkan “maaf” atau “sorry” atau “pardon me”.Selesai makan,letakkan sendok garpu di piring dengan posisi lurus.Bisa tertelungkup atau telentang.

Selesai setiap hidangan appetizer, soup, main course, dessert , cutlery (dinner knife, dinner fork, dinner spoon, dessert knife, dessert fork, soup spoon) menghadap arah jarum jam 5.Piring yang telah kosong akan diambil dari sisi kiri anda,agak geserlah ke sisi kiri piring yang telah kosong untuk memudahkan waiter mengambilnya. Mengeser piring ke sisi kiri juga tanda bagi waiter bahwa piring tersebut bisa diambil dari meja.Biarkan remah-remah makanan yang jatuh dimeja dibersihkan oleh waiter.
Jika ada daging yang menyangkut di gigi, jangan mencongkelnya di depan umum.Cobalah dorong dengan ujung lidah anda.Jika tidak berhasil, ijinlah ke penjamu untuk ke restroom atau toilet.Berkumurlah di wastafel atau congkel serpihan daging tersebut dengan tusuk gigi.
   Hindari Asap
Karena tidak ada asbak maka daerah tersebut dilarang merokok.Namun,jika santap malam telah selesai dan penjamu mengajak meokok,maka anda bisa pindah ke bar dan bisa merokok di area yang disediakan.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.