Adv

Cemilan Tahun Baru, Bitter Ballen


Sering banget sekarang mendengar nama Bitterballen yah? Saya sendiri termasuk penggemar makanan ini sejak dulu. Sewaktu saya pergi ke Menado dan beberapa kali saya ke Singkawang, ditoko kue Sultan didekat Kelenteng Utama, saya menemukan kue yang mirip Bitterballen dan diisi telur puyuh dibagian tengah. Rasanya hampir mirip dan oke juga buat dinikmati.

Bitterballen adalah nama sejenis makanan di kawasan Belanda. Bitterballen rasanya mirip dengan kroket, namun bentuk kecil bulat-bulat sekitar 3 sampai 4 cm. Bitterballen biasa dimakan sebagai kudapan yang menyertai minuman. Makanan ini, seperti kroket, biasanya dibuat dari daging sapi, udang atau kadangkala daging kuda yang dicincang dan dibuat ragout. Lalu kemudian dibalut menggunakan tepung roti dan digoreng dalam minyak panas. Setelah itu disajikan menggunakan saus moster atau mustard.

Kebetulan untuk Tahun baru kali ini saya mau membuat makanan ini untuk cemilan tahun baru. Tidak begitu susah untuk membuatnya, sangat simple dan hanya membutuhkan ketelatenan dan sedikit usaha. Pasti makanan ini akan membuat kumpul keluarga akan makin semarak. Ingin mencobanya juga? Masih ada waktu untuk menyiapkan bahannya. Selamat mencoba dan mudah-mudahan enak ya.
BAHAN UNTUK MEMBUAT BITTERBALLEN
100 GR     MARGARIN
2 BUAH    BAWANG BOMBAY CINCANG
150 GR     TERIGU
350 ML    SUSU CAIR FULL CREAM
250 GR     DAGING CINCANG
1 SDT         GARAM
½ SDT      PALA
½ SDT      MERICA
½ SDT      GULA
100 GR    KEJU POTONG KOTAK KOTAK

BAHAN ULEN
TELUR AYAM
TEPUNG ROTI SECUKUPNYA
CARA MEMBUAT

Nyalakan api pada posisi kecil saja, panaskan margarin, tumis bawang bombai, setelah harum, masukkan terigu sedikit sedikit sampai tercampur rata baru masukkan susu juga sedikit sedikit. Setelah pulen, masukkan daging dan keju, pastikan menyebar rata. Lalu masukkan bumbu seperti garam, pala, gula dan merica.
Biarkan adonan hangat dan bentuk bulat, lantas celupkan dalam telur yang sudah dikocok dan gulingkan di atas tepung roti. Langsung di goreng dengan minyak melimpah.
Tips hari ini : Tapi/ jika anda tidak ingin langsung menggorengnya, atau ingin menyisakan separo untuk dimasak besok atau lusa, sebaiknya adonan tidak usah dilabur dulu dengan telur dan tepung roti. Langsung saja dimasukkan ke mesin pendingin dalam keadaan bulat.

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.