Adv

Menikmati Teh Sore Hari


Hai blogger, terkadang sore hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati santai sore ditemani dengan teh dan cemilan, terkadang ada beberapa hal simpel yang selalu kita lupakan dalam persiapan penyajian teh, yaitu mengenai pilhan teh dan cara menyeduhnya. Menyeduh adalah hal mudah dan yang terpikir pasti air panas yang langsung dituangkan kedalam teh, disaring dan langsung dinimati.
 
Bagi yang ingin mudah, sudah ada teh dalam kantung yang tinggal diseduh dengan air panas atau mungkin sudah ada dalam bentuk bubuk yang disimpan dalam sachet biasanya sudah ada campuran lain seperti susu dan gula dengan judul teh tarik atau teh beraroma lemon.
 
Anda mungkin salah satu penikmat teh. Tapi tahukan Anda, membuat teh yang enak memiliki metode penyeduhan tersendiri? Karena kesalahan dalam cara menyeduh bisa mengakibatkan teh tidak lagi memberikan manfaat bagi kesehatan.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk menyeduh teh, gunakan air mendidih dengan suhu berkisar 80 - 100 derajat celcius, tergantung dari jenis tehnya.

Untuk Teh Hitam, suhu air yang digunakan adalah 100 derajat, Teh Oolong 80-90 derajat, Teh Hijau 70 derajat, sedangkan Teh Putih lebih rendah lagi yaitu 60 derajat.

Komposisi yang seimbang antara jumlah air dan jumlah teh merupakan prinsip dasar cara menyeduh teh yang baik. Formulanya yaitu untuk satu cangkir ukuran 300 mm diberikan satu sendok teh.

Namun demikian, takaran ini sifatnya relatif sebab selera orang berbeda-beda. Anda bisa mencoba-coba mengurangi atau menambah takaran sesuai selera.

Di samping itu, teh juga sangat bagus bila dicampur dengan susu karena dapat mengurangi efek stimulan dari teh. Hal ini disebabkan oleh kalsium susu yang mengikat zat-zat stimulan pada teh.

Teh yang sudah diseduh dapat juga ditambahkan lemon. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat meminimalisir terjadinya kerak pada dinding usus.

Nah, untuk menjaga mutu teh, berikut beberapa tip menyimpan teh yang benar:

1. Simpan di wadah kering dan tertutup. Hindari dari sinar matahari langsung, karena akan akan mempengaruhi kualitasnya.

2. Jangan taruh teh di dalam lemari es, karena wadahnya akan berembun yang dapat membuat teh berjamur. Juga dapat membuat teh terkontaminasi dengan bau makanan lainnya.

3. Beli teh sesuai kebutuhan, karena teh yang sudah dibuka hanya tahan selama 1 bulan, setelah itu harum teh akan hilang.

5. Teh sebaiknya diseduh dalam teko keramik atau tanah seperti teko untuk teh poci. Keramik adalah penghantar panas yang buruk, maka sangat sesuai digunakan untuk menyeduh teh agar rasa dan aromanya dapat dinikmati secara optimal.

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.