Adv

Dumpling, yummy slurups


Beberapa waktu yang lalu pada saat festival Cap Go Meh, saya sempat mencoba beberapa dumling, rasanya beragam dan sangat menggugah selera saya untuk mencobanya, memang sih, ada beberapa rasa yang mungkin tidak sesuai dengan lidah kita. Tapi sekedar mrncoba, tidak ada salahnya.

Kuliner Cina memang terkenal dengan aneka dumpling panas yang dibungkus dengan adonan tepung. Seperti dimsum, teksturnya yang empuk gurih cocok disandingkan dengan teh hangat. Hidangan khas lainnya ada Shui jiao, Yuan xiao dan Xiaolongbao. Mau coba?

Di anatar beragam hidangan Cina populer, dumpling merupakan sajian yang banyak penggemarnya. Jenisnya bukan hanya hakau, bakpao atau sio may saja tetapi ada beragam dumpling lezat yang menggiurkan untuk dicicipi,
1. Shui jiao
 
Makanan pokok warga Cina utara ini mirip pangsit rebus. Selalu disajikan saat tahun baru imlek. Isinya daging babi cincang dan sayuran. Tampilan hidangan ini mirip bulan sabit karena bagian ujung pangsit dicubit-cubit setelah dimasukkan isiannya

2. Yuan xiao
 
Kue berbentuk bulat ini teksturnya lengket dan terbuat dari tepung beras ketan. Paling cocok dijadikan isian sup, rasanya bisa dibuat manis atau gurih. Pelengkapnya ada pasta wijen, kacang tanah bubuk dan gula jika ingin terasa manis. Makanan ini sering disajikan saat perayaan Tahun Baru Imlek.

3. Xiaolongbao
 
Kalau yang satu ini juga enak dimakan selagi panas. Kulit pangsit yang dilipat bagian atasnya ini berisi daging babi, tapi ada juga yang diisi dengan daging kepiting dimakan bersama kuah pangsit. Hidangan ini cukup terkenal di Cina, hampir setiap restoran menawarkan Xiaolongbao.

4. Zheng jiao
 
Zheng jiao juga diisi dengan daging sapi cincang dan sayuran, kemudian dikukus hingga matang. Bentuknya yang mungil mirip seperti anak tikus.

5. Hun tun
 
Hun tun dikenal juga dengan Wonton. Adonan pangsung diisi dengan bokchoy dan daging cincang. Biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang dibumbui dengan daun ketumbar dan minyak wijen. Terkadang juga dilengkapi udang dan mie.

6. Har gow
 
Yang satu ini isinya udang, dikukus dalam kelakat bambu. Tampilannya cantik sehingga banyak orang menyukainya. Hargow disebut juga sebagai pangsit Cina, rasanya kenyal dan adonan tidak terlalu lengket. Kue udang terbaik ini pertama kali dibuat di Provinsi Guangdong.

Memang sih, rasanya aslinya tidak jauh berbeda, mungkin tambahan pelengkap yang akan membuat rasanya berbeda, ada tambahan kuah dan saos serta bahan bahan lain. Jika salah menambahkan atau mungkin terlalu banyak menambahkan bahan justru akan membuat rasa rusaknya,  Kalau ingin mencoba. Anda bisa membuatnya sendiri, saya bagikan resepnya, semoga berhasil dan sukses
BAHAN :
1/2 kg daging (dengan lemaknya)
1/2 cangkir air dan 2 sendok makan jahe
2 bawang merah, garam
1 sendok teh minyak wijen
2 sendok teh wine (anggur khusus masakan cina)

CARA MEMBUAT :

Daging dicincang, bawang diiris halus, jahe diparut, kulit untuk membungkus bulatan-bulatan daging adonan tepung dibuat bulat tipis.
Campurkan semua BAHAN dan BUMBU dibuat sebesar bola pingpong dan gunakan kulit wantan untuk membungkusnya.

CARA MEMBUNGKUSNYA
 :
Taruh kulit wantan di telapak tangan,
Letakkan bulatan daging lalu ditutup sambil ditarik sedikit-sedikit
Lalu dikukus supaya bawahnya tidak lengket dilapis dengan daun slada.
Dihidangkanpanas-panas di atas kukusan bambu, dimakan dengan cuka hitam dan parutan jahe.
Untuk lebih bervariasi anda boleh juga mempergunakan daging kambing, daging ikan, udang

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.