Adv

Bijaksana Makan saat Natal


Natal biasanya identik dengan perayaan pesta dan sudah pasti juga akan ada banyak makanan lezat dihidangkan. Mulai dari camilan kue kering hingga makanan berkolesterol tinggi bisa kamu santap sebagai hidangan natal. Meskipun sedang berada di tengah perayaan, kamu harus tetap memperhatikan aturan pola makan sehat, Makanya, yuk kita intip beberapa tips supaya bisa tetap menikmati perayaan dan tetap sehat seperti di bawah ini.
  • Cicip Kue & Biskuit Secukupnya. Biasanya natal identik dengan banyaknya kue-kue lezat yang manis serta biskuit renyah yang mengundang lidah untuk mencicipinya. Belum lagi kue dan biskuit tersebut biasanya berhiaskan gula, keju parut, hingga krim warna-warni yang mengandung kalori tinggi. Siapa yang tahan untuk tidak mencicipi kue dan biskuit cantik itu, Bloggers pasti ingin mengambilnya lagi dan lagi. Cukup ambil porsi sebanyak 2-3 gigitan ya.
 
  • Batasi Konsumsi Cokelat. Jika mau, pilih cokelat hitam yang mengandung lebih banyak kakao dan zat flavonoid yang baik bagi tubuh serta bagus untuk kesehatan jantung daripada coklat dengan tambahan lebih banyak susu yang mengandung lemak jahat cukup tinggi.
 
  • Membuat Sendiri Kue & Biskuit. Dibanding membeli, kamu bisa membuat kue & biskuitmu di rumah dengan bahan yang lebih sehat bagi tubuh. Misalnya, mengurangi jumlah mentega & menggantinya dengan minyak canola, mengganti gula dengan madu, atau ditambah dengan potongan buah.
 
  • Hias Dengan Buah. Coba ganti hiasan parutan keju atau krim di atas kue dengan kacang-kacangan, buah segar atau pun buah kering agar lebih sehat. Pilih seperti kismis, anggur, strawberry atau pun mangga yang kaya akan serat serta kadar glikemik indeks (GI) rendah yang memiliki manfaat antara lain dapat membantu menjaga kestabilan gula darah, memberikan rasa kenyang lebih lama dan menjaga berat badan ideal.
 
  • Hindari Daging Panggang. Jika biasanya dihidangkan daging atau sapi panggang untuk pesta BBQ, sebaiknya hindari ya Bloggers karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika terpaksa mengonsumsinya, pilih bagian dada, hindari kulit, dan ambil dalam porsi cukup atau ganti dengan ikan.
 
  • Variasikan Dengan Sayur. Buat & pilih menu pelengkap seperti salad sayur atau dengan berbagai macam sayuran untuk menemani hidangan natalmu atau menu bersayur lainnya.
 
  • Sajikan Pilihan Makanan & Camilan Sehat. Jika hidangan natal penuh dengan menu tinggi kolesterol, temukan dan konsumsi sajian lainnya seperti buah Low GI, yogurt, dapat menjadi solusi camilan bernutrisi tinggi karena memiliki semua manfaat nutrisi dari kedelai.
Memang, cukup berat untuk bisa mempertahankan pola makan sehat serta menjaga berat badan agar tetap stabil, tapi nggak mau kan bloggers, kegembiraan saat perayaan Natal malah jadi terganggu? Yuk, perhatikan dan sajikan hidangan natal sehatmu

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.