Adv

Selamat Merayakan Festival Kue Bulan


Hari ini festival kue Bulan. Kebetulan saya kebayang makan kue bulan yang gurih dan manis, Kalau dulu biasanya ada beberapa rekan kerja ayah saya yang mengantarkannya kerumah. Saya jadi penasaran buat menulis tentang kue Bulan ini. Saya mencoba mencari literatur di Internet dan menggabungkannya serta menghadirkannya untuk anda, selamat membaca yah

 
PENGENALAN KUE BULAN DAN SEJARAH MOON FESTIVAL

Kue bulan pertama kali digunakan di Dinasti Tang untuk tentara untuk merayakan kemenangannya. Di era Kaisar Gaozu dari Dinasti Tang, Jenderal besar LI Jing menang dalam perang melawan bangsa Hun dan kembali pada hari tanggal 15 bulan ke-8 dalam kalender lunar.

Pada kesempatan itu, salah satu pedagang dari Turpan (xin jiang) menghadiahkan kue yang disajikan dalam kotak yang mewah untuk Kaisar Gaozu. Kaisar Gaozu sangat senang sehingga samil mengakat wadah kue yang mewah dia mengambil kue bulat dan berkata "Saya akan mengundang bulan dengan kue dari suku Utara barbar" sambil menunjuk ke bulan di langit. Lalu ia memecah kue tersebut dan membagikan kepada pejabatnya.

Sejak saat itu peringatan ini diadakan secara terus menerus hingga sekarang sehingga kalau dihitung dari berdirinya dinasti TANG (abad ke 6) maka Sejarah kue bulan memiliki perjalanan waktu yang panjang sebelum sampai di tangan kita sekarang ini, sehingga tidak heran berbagai macam cerita romantis, fiksi dan dewa dewi membumbui cerita mengenai asal muasal kue bulan.

MEMILIH MACAM MACAM KUE BULAN

Berdasarkan tempat :
Kue bulan Beijing, Guangdong, Suzhou, Taiwan, Yunnan, Hong Kong, Chaozhou, Jepang, dan lain-lain dimana setiap tempat memiliki rasa khas dan disesuaikan dengan selera dan budaya penduduk setempat

Berdasarkan rasa dasar :
Kue bulan manis, asin, manis asin, pedas, untuk chinese indonesia yang paling populer adalah rasa manis, rasa lainnya kurang populer karena tidak mewakili wujud syukur atas rejeki dan kehidupan yang diharapakan semanis kue yang dimakan.

Menurut isian: (dibagi menjadi 2 yaitu klasik dan modern)

Isian klasik (tradisi):
lima macam biji bijian, pasta kacang manis, kristal gula, wijen hitam dan ham

Isian modern :
sangat banyak macamnya tergantung selera dan kreativitas pembuat kue bulan contoh : Mochacino, Tiramizu, Coklat, Green tea, Cheese cake, Black forest, Fruity, Beacon, etc


CARA MAKAN KUE BULAN


Bagaimana memilih kue bulan yang enak dan menyehatkan?
Pada dasarnya memakan semua jenis isian dan rasa tidak mengganggu kesehatan asal tidak berlebihan, namun untuk menyehatkan badan tidak ada salahnya anda lebih selektif memilih rasa dan isi dari kue bulan yang kamu makan.


Untuk anak anak
Semua jenis rasa dan isian adalah baik karena mereka dalam masa pertumbuhan sehingga nutrisi apapun yang dimakan akan berguna dan tidak merusak kesehatan.



Untuk Dewasa
Lebih baik memilih isian berupa biji bijian (almond, Teratai, Kacang tanah, Kacang Hitam, dll) yang mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk kecantikan untuk isian keju, daging, telor boleh dimakan tapi sepotong kecil saja (tidak lebih dari 1/4 kue), Bagi orang dewasa lebih baik memakan isi yang vegetarian karena sehari hari bisanya kita lebih suka memakan daging dari pada sayur.


Untuk Senior
Hindari kue bulan yang berisi Kuning Telor karena meskipun kuning telur kaya vitamin A, E yang memiliki fungsi antioksidan. Namun, kuning telur juga kaya kolesterol, dimana orang-orang senior harus menghindari.

Untuk Penderita Diabetes
untuk setiap 1/4 kue bulan yang anda makan, lebih baik anda meminum 2 gelas air putih untuk mengencerkan glukosa dari kue yang manis agar tidak terjadi kenaikan gula darah yang tinggi, dan anda harus berjalan sedikitnya 1000 langkah sebagai konsekuensi dari kenekatan anda menyantap SI MANIS.


JANGAN MAKAN KUE BULAN ! WHAT ??

jangan makan kue bulan lebih dari 1 kue bulan dalam 1 hari
Beberapa pecinta kue bulan, terutama kaum muda, yang suka kue bulan akan mengambil kue bulan sebagai makan malam dan makan beberapa kue dalam satu hari. Berdasarkan prinsip makan sehat hal adalah tidak pantas untuk makan lebih dari satu kue bulan dalam satu hari. Tidak peduli berapa besar Anda mencintai kue bulan & Berapa lama anda harus menunggu Si Moon Cake muncul lagi tahun depan.

Kenapa anda tidak boleh makan lebih dari 1 kue bulan / hari ?

Karena gula dan lemak satu kue bulan mengandung lebih tinggi daripada nasi. Asupan harian gula pada rata rata orang normal tidak boleh lebih dari 10 sendok teh dan isi gula dalam satu kue bulan dapat mencapai 14 sendok teh yang lebih dari kebutuhan tubuh sepanjang hari.

Dan asupan lemak harian yang dapat diterima tidak lebih dari 13 sendok teh, sedangkan isi lemak dalam satu kue bulan bisa mencapai 6 sendok teh.

Hal ini direkomendasikan oleh ahli yang satu tidak akan makan kue bulan yang berlebihan. Saat makan kue bulan, lebih baik untuk membagi kue untuk potongan-potongan yang lebih kecil dan berbagi dengan keluarga dan teman-teman untuk menghindari asupan berlebihan lemak dan gula. Kue bulan juga tidak boleh disajikan sebagai pencuci mulut setelah makan karena mengandung serat terlalu sedikit untuk menjadi pengganti buah.

Minumlah teh

Minum Teh sambil makan kue bulan di bawah sinar bulan purnama bersama keluarga akan menginspirasi anda dengan cita rasa klasik yang elegan dan sistem kekeluargaan yang erat dalam budaya cina.



Minum teh setelah makan kue bulan berguna untuk menyeimbangkan asupan serat yang minim pada kue bulan. Para dokter menyarankan makan kue bulan tiga jam setelah makan. Makan kue bulan sebelum perut benar-benar mencerna makanan akan menyebabkan gastrectasia dan menyebabkan pencernaan yang buruk. Hal ini sangat dianjurkan untuk tidak makan kue bulan untuk camilan tengah malam.


Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.