Adv

Macem - Macem Sambel



Sambal

Apakah yang terlintas dibenak anda jika terdengar kata “Sambal”??? So pasti Pedas dan nikmat
Tahukah anda kebanyakan orang didunia gemar mengkonsumsi pelengkap makanan ini, Saos adalah bahasa internasionalnya….


Kebanyakan orang di Indonesia bahkan di dunia merasa belum lengkap rasanya jika makan tidak ditemani dengan sambal, bahkan beberapa orang bilang terasa belum makan jika tidak makan dengan sambal hehehehe
Nah sekarang tahukah anda 7 sambal paling fenomenal di Indonesia raya ini
Yang pertama so pasti sambel terasi

Siapa yang tak mengenal Sambel terasi? Sebagian masyarakat Indonesia bahkan mengklaim jika tak ada sambel terasi maka makan serasa tak lengkap. Memang sambel terasi sudah menjadi tradisi di sebagian masyarakat Indonesia dalam masalah kulinernya. Sambel ini terbuat dari cabai merah, cabai rawit, Bawang merah dan bawang putih garam, gula, tomat, dan so pasti tak ketinggalan terasinya yang sudah digoreng atau dibakar,
Entah darimana asal mula sambal terasi ini yang jelas pelengkap makanan ini sudah ada sejak berates – ratus tahun lalu lamanya di Nusantara ini (lebay dikit)

Yang kedua adalah sambal Pecel / Sambal Kacang

wah kalau ngomongin sambel yang satu ini tak ada habisnya karena sambel ini begitu fenomenal dan diakui oleh masyarakat dunia sebagai warisan kuliner Nusantara Indonesia.
Sambal yang berbahan dasar Kacang tanah, bawang merah, bawang putih, asem jawa, daun jeruk, gula merah, dan garam ini asal muasalnya dari daerah jawa timur tepatnya di kota Madiun meskipun banyak juga daerah-daerah lain yang mempopulerkan sambel ini seperti, Kediri, Tulungagung, Blitar, Kertosono, Tegal, Banyumas dll.
Pecel sering juga dihidangkan dengan rempeyek kacang, rempeyek udang atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam atau jerohan. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun yang dilipat yang disebut pincuk. Masakan ini mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Rasa pecel yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini.


Diurutan ketiga ada Sambal Tumpang

Setiap orang kediri pasti tahu sambal tumpang, makanan yang membuat Orang kediri di perantauan kangen setengah mati seperti TSnya karena TSnya juga berasal dari Kediri.. hehehehe
Di daerah lain kadang di sebut nasi tumpang Kediri. Makanan khas kediri ini berbahan dasar tempe yang mengalami fermentasi lebih lama dari pada tempe yang biasa di konsumsi, kadang biar gampang menyebutnya sambel tumpang terbuat dari tempe “busuk”. Tapi, jangan khawatir bukan busuk expired, tetapi berfermentasi lebih lama.
Tempe untuk bahan sambal tumpang ini bukan sembarangan, Konon Tempe untuk sambal tumpang kalau bukan tempe kediri tidak bisa kalaupun bisa rasanya sedikit dipaksakan dan tidak bisa sesedap Sambal Tumpang Kediri.
Sambal tumpang disajikan tanpa banyak variasi yaitu: nasi, sayuran(daun pepaya, daun kenikir, nangka muda, pepaya muda, dsbnya), serta lauk rempeyek dan krupuk nasi(puli). Nasi tumpang ini ada 2 jenis yaitu tumpang biasa yang menggunakan tempe “busuk” biasanya kuahnya tidak terlalu kental dan ada bulir tempenya, aroma sedapnya sudah tercium dari jarak beberapa meter. Jenis kedua adalah sambal tumpang yang kental, biasanya ditambahkan tepung untuk pengentalnya dan menggunakan tempe biasa, aromanya nyaris tidak ada umumnya jenis sambal tumpang ini ada di Kediri kota. Terkadang ada lauk tambahan seperti tempe, tahu, telur puyuh, ayam, sate usus dsbnya.
Penjual nasi tumpang dapat di jumpai hampir di setiap desa di kediri. Umumnya jam buka adalah pagi sekali – subuh – atau malam bahkan ada yang berjualan 24 jam. Biasanya penjual nasi tumpang juga menyediakan sambal pecel, jadi nanti ada nasi campur yaitu tumpang campur pecel. Nah ini yang paling disuka TSnya yaitu tumpang campur kalau sambal tumpangnya jenis kedua dan memakai tambahan entho-entho / terasi dele, dan makannya dengan suru (daun pisang pengganti sendok)

Yang keempat ada sambel dabu – dabu 

Sambal dabu-dabu adalah khas Manado dimana versi yang paling mantab menurut TSnya adalah versi Luwuk daerah pesisir selat pelang Sulawesi tengah.
Sambal yang berbahan baku cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, jeruk nipis (iris dadu), garam, dan air jeruk nipis ini mempunyai sensasi pedas dan segar.. lho pedes kok segar sih???? Hehehehehe, iya potongan kecil-kecil semua bahan tersebut yang dijadikan satu dan disajikan diatas ikan bakar atau sekedar dicocol gorengan dll, sensasinya itu lho mantab jaya sangat pokoknya yang pernah merasakan sambal yang satu ini pasti kurang lebih pendapatnya sama dengan TSnya… hehehehe

Nah sekarang Sambal Padang
Sambal padang biasanya banyak dijumpai di warung nasi padang yang hampir di seluruh Indonesia ada.
Sambal yang satu ini biasanya bersifat pelengkap untuk menu utama disana dan anehnya menurut TS nih, dibeberapa restoran padang atau warung padang yang pernah disambangi TS rasa sambelnya tuh agak kurang pedas tapi bikin nambah nasi terus… hehehehe
Sambal ini berwarna hijau dengan bahan baku Cabai hijau potong kasar, Bawang merah, Bawang putih, Tomat hijau,Garam secukupnya, Gula pasir dan Air jeruk nipis ini pantas sekali dicoba untuk anda pecinta sambal tapi agak kurang suka pedas.

Saatnya Sambal Bajak

Sambal bajak bukan sambalnya perompak tapi rasanya bikin lidah kangen dibajak oleh nih sambal.. hehehehe
Sambal ini berasal dari daerah Jawa Tengah, sambal yang satu ini mirip sambal terasi tetapi memiliki rasa yang lebih kaya dibandingkan sambal terasi… sambal yang berbahan dasar cabai merah, tomat (buang bagian tengahnya), terasi (sangria), bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, serai (bagian pangkal)asam jawa, gula merah, Garam, Minyak goreng (untuk menumis), sambal Bajak dikenal orang indonesia karena mempunyai efek ketagihan untuk penikmat sambal nusantara karena rasanya benar-benar nempel di lidah, nih sambal emang Recomended banget deh untuk pecinta sambal.. hehehehe

Nah yang terakhir adalah Sambal Mangga 

Sambal Mangga, yakin mangga??, buah mangga maksudnya??
Yee gak percaya, mangga juga bias dibikin sambal lho……
Rasanya bener-bener beeeuuuuuhhhhh sangat, sambal yang satu ini berbahan utama mangga muda yang diserut atau diiris kecil memanjang, gula merah / putih, rawit merah / cabe rawit hijau (tergantung selera), garam, terasi bakar, dan petis udang ini rasanya suegerr banget…. Sensasi asam dan pedas gurihnya bener2 bikin lidah berjoget…. Sambal ini cocok sekali untuk ibu-ibu yang sedang ngidam atau hamil muda dengan catatan disesuaikan rasa pedasnya.. TS sering minta dibikinin nih sambal untuk dimakan sama Ikan Bakar atau Ayam bakar dan taukah anda bagaimana rasanya?????? Silahkan mencoba sendiri dirumah masing-masing… hehehehehehe

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.