Adv

Bincang dengan Dr Aswandi < Hari Pendidikan Nasional 2012


Saya dapat kesempatan kembali berbincang dengan selebritis dunia Pendidikan, Dr Aswandi, wajah beliau yang kerap tampil disemua media massa membuat beliau seperti selebritis, namun lebih tepatnya menurut saya SELEBRITIS PENDIDIKAN, saya kutip beberapa cerita mengenai hari pendidikan yang sempat saya obrolkan diruangan beliau di ruang dekan FKIP Universitas Tanjung Pura
Bangkitnya generasi emas Indonesia menjadi tema sentral hari pendidikan nasional. Pemerintah berharap, apa yang menjadi cita-cita Ki hajar Dewantoro dapat terwujud, dan karena itulah hari pendidikan nasional dirayakan disaat kelahirannya.

Dr Aswandi seorang pengamat pendidikan yang sangat concer dengan pendidikan berkomentar bahwa kotak hitam pendidikan Indonesia adalah sistem pendidikan dalam kelas yang diajarkan guru kepada murid, guru yang berkualitas tentu akan menghasilkan siswa yang berkualitas, pendidik di Kalimantan Barat masih berada 5 terbawah di Indonesia.
Gaji yang besar setelah akreditasi seharusnya menjadikan guru untuk lebih bersemangat belajar, paling tidak bisa membeli buku buku bacaan yang mampu menambah ilmu sehingga kemampuannya dapat terasah dan terus bertambah. Jangan berpikir bahwa akreditasi hanya bertujuan untuk mencari tambahan gaji semata. Ada tanggung jawab moral yang lebih besar untuk memajukan pendidikan nasional

Wajah pendidikan memang terlihat dari bagaimana guru memberikan pembelajaran kepada siswanya, jika ada kegagalan atau kerusakan, kita cukup membuka kotak hitam dan mencari tahu, bagian mana yang salah. Guru jangan takut untuk dkritik dan diberi tahu jika ada kekurangan dan kesalahan. Belajarlah dari itu karena hal tersebut yang akan membuat kemajuan pendidikan, tidak hanya secara akademis namun juga pendidikan karakter.

Ada hal lain juga yang perlu dibanggakan. Pelaksanaan ujian dikalimantan barat terselenggara dengan baik dan sukses, tidak terlihat stress terlihat diwajah orangtua, guru maupun murid, hal ini menunjukkan bahwa semuanya sudah dipersiapkan dengan matang oleh semua pihak
Dr aswandi menganggap hal ini sangat penting untuk dipertahankan, walaupun dengan nilai yang masih sama, faktor kejujuran merupakan hal yang sangat penting dijaga karena hal ini merupakan salah satu karakter penting yang harus dimiliki, aswandi berpendapat bahwa hal ini akan membuat bangsa bisa lebih baik, bangkit dan maju walaupun mungkin tidak cepat.

Prestasi yang sudah dicapai walaupun tidak sebaik dari tahun kemarin jangan menjadi beban, jangan sampai menjadi pengganggu. Janji walikota memberikan hadiah bagi siswa berprestasi merupakan hal yang baik dan perlu didukung, namun tetap bahwa faktor kejujuranpun perlu dipuji.

Prestasi yang sudah dicapai walaupun tidak sebaik dari tahun kemarin jangan menjadi beban, jangan sampai menjadi pengganggu. Janji walikota memberikan hadiah bagi siswa berprestasi merupakan hal yang baik dan perlu didukung, namun tetap bahwa faktor kejujuranpun perlu dipuji.

Nilai akademis saja tidak bisa membuat seseorang maju, banyak orang pintar yang belum tentu sukses. Ditegaskan lagi bahwa faktor kejujuran,disiplin dan mau bekerja keras juga menjadi faktor penting pembentuk jati diri bangsa
Aspek aspek seperti ini yang mesti dipertahankan, nilai sebuah kejujuran mesti dihargai, aswandi bangga dengan kejujuran siswa kalimantan barat. Kunci palsu yang beredar via sms pun tidak gampang dipercayai, Ini menunjukkan kesadaran akan pendidikan dan bagaimana kejujuran dijunjung tinggi.

Senang sekali dapat berbincang dengan beliau pada moment yang tepat. HARI PENDIDIKAN NASIONAL




Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.