Adv

Tips Mencari Cinderamata di Pontianak



Mencari oleh oleh memang bukanlah hal yang gampang, kualitas bagus dengan harga murah pasti menjadi acuan karena biasanya membeli buah tangan biasanya dengan jumlah yang banyak. Saya sendiri  menemukan satu lokasi yang cukup menarik untuk dikunjungi, lenny art shop yang menjual pernak pernik oleh-oleh, kerajinan tangan sampai barang antic semua bisa ditemui disini termasuk kaos aseli made in Pontianak. Banyak sekali barang barang yang bisa ditemui. Akhirnya saya menuju PSP untuk menuju tempat oleh-oleh ini
Dipontianak ini memang tempat oleh oleh terpusat dibeberapa tempat, pernak pernik dan makanan dipisahkan dan tentu saja ada spot-spot tertentu, ini juga menyesuaikan harga barang yang dijual termasuk kualitasnya, semua berbeda, tergantung bagaimana kita memilih atau teknik menawar dagangan yang ditawarkan. Memang hal hal seperti ini harus dipelajari, terutama buat anda yang memang suka bepergian dan harus berbelanja oleh-oleh
Di PSP ini sendiri banyak barang yang ditawarkan, mulai dari pernak pernik kecil seperti gantungan kunci, gelang, kalung yang terbuat dari manic manic sesuai cirri khas Kalimantan beserta bahan – bahan lain dari alam seperti akar, kayu yang diukir dan kulit kayu. Sampai barang barang yang lebih berat lagi seperti alat berburu seperti tombak, sumpit, parang dan sebagainya, termasuk baju daerah dari beberapa suku serta senjata khas seperti Mandau. Harga yang ditawarkan otomatis juga bervariasi sesuai dengan penawaran yang diberikan.
Ada beberapa tips yang bisa dipelajari dalam dunia tawar menawar :p, saya coba sarikan sedikit yah. Hobby belanja? tapi harga mahal ga sesuai kantong atau pengen dapet harga yang lebih murah.
Tips ini khusus buat kaum hawa yang hobi belanja, dan yang kepengen dapet harga miring.
Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan pada saat proses tawar-menawar dalam berbelanja.

Tips #1: Survey Harga
Sebelum belanja, sebaiknya survey dulu harga pasaran barang yang akan dibeli. Cek dari satu toko ke toko yang lainnya atau tanya sama teman yang sudah pernah beli. Knowlegde is power. Kalau kamu sudah tahu harga pasar dan harga jual dengan baik, kamu bisa menawar dengan lebih kuat dan percaya diri.

Tips #2: Tawar 1/2 Harga
Kalau barang yang kamu incar ini sangat spesifik dan tidak pasaran, kamu bisa tawar 1/2 harga dari harga yang ditawarkan. jadi kalau si penjual memberikan harga 100ribu, kamu tawar 50ribu. Nah dari harga yang kamu sebutkan kamu bisa pelan-pelan mulai naikkan tawaran, supaya harga yang disepakati tidak terlampau jauh dari harga penawaran.

Tips #3: No Doubt
Saat menyebut angka tawaran harus yakin tanpa ragu-ragu. Kalau kamu menyebut dengan suara pelan dan tidak yakin penjual bakalan tahu kalau kamu cuma basa-basi aja nawarnya.

Tips #4: Cultural Approach
Pakai bahasa yang sama dengan si penjual pada saat tawar menawar, kalau kamu ngga bisa, kamu bisa ajak teman kamu yang bersuku sama. Biasanya si penjual mau menurunkan harga lebih banyak karena merasa punya kedekatan atau kesamaan.

Tips #5: SKSD
Ajak si penjual ngobrol, seperti menanyakan situasi pasar, dagangan yang paling laku, atau tentang pesaingnya. Kalau kamu bisa mengambil hatinya pasti ada harga spesial buat kamu.

Tips #6: Jangan Pasang Muka yang Kepengen
Maksudnya, kamu boleh aja pasang muka tertarik dengan barang yang ingin kamu beli tapi jangan sampai mupeng. Kalau sudah satu-dua kali kamu tawar harga tapi penjualnya tetap kekeh, sebaiknya kamu langsung pergi dengan santai. Kalau penjualnya butuh dia bakal manggil kamu balik. Tapi kalau tidak, artinya kamu udah tahu harga matinya dan bisa cek di toko lain.

Tips #7: Tetap Sopan
Jangan menawar dengan ketus dan bernada meremehkan penjual, yang ada si penjual malah malas menjual barang dagangannya ke kamu dengan harga berapapun.

Tips #8: Take it or Leave it
Kalau kita sudah tau kualitas barang dan standard harga di pasaran, tapi si penjual tetap tidak setuju dengan tawaran kita, kamu tinggal pilih take it or leave it, if you take it jangan menyesal kalau nantinya kamu nemuin barang yang sama dengan harga yang lebih murah, karena rejeki emang enggak tertukar. hehehe...Happy Shopping Guys!! :)
Oke sudah mempelajari cara belanja efektif kan?? Nah untuk spot belanja pernak pernik memang lebih gampang di PSP, anda bisa menemukan banyak toko sehingga bisa memilih sepuas hati dan menawar sepuas hati, pilihannya juga beragam, saya sebenarnya juga merekomendasikan satu toko yang ada disudirman, cuman ada 1 toko sehingga pilihannya tidak banyak namun harganya lebih bersahabat menurut saya, anda bisa mencoba untuk memilih disana, letaknya berdempetan dengan pusat makanan cina dan beberapa toko pakaian. Cona saja untuk mencari disana karena tokonya cukup besar dan banyak barang-barang etnik dipajang didepan toko.
Jika ingin mencari oleh oleh makanan, silakan untuk mencari ruko ruko disekitaran supermarket kaisar, disekitaran jalan sisingamangaraja, disana banyak bergelantungan makanan kering seperti ikan asin jambal dan juga cumi , banyak juga olahan lain seperti bermacam-macam makanan dari lidah buaya dan juga snack snack dari negeri Jiran. Tapi sebenarnya jika ingin membeli lebih murah bisa bergerak menuju toko oleh-oleh sepanjang jalan gajahmada terutama untuk dodol, mochi dan lempok durian. Sedangkan dijalan siang ada sotong pangkong yang udah dikemas dan siap bawa. Untuk makanan lain seperti kue bingke, silakan untuk menyasar sekitaran jalan imam bonjol, anda bisa menemukan banyak kreasi bingka.
Jika baru sampai kepontianak, silakan untuk menghampiri pusat oleh-oleh tersebut, kalau belum jago blusukan, silakan bawa guide :p atau kalau memang susah silakan untuk memesan taksi untuk segera diantarkan ke tempat tempat tersebut, selamat berbelanja dan hati-hati dengan kelebihan bagasi.

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.