Adv

Buka Bareng (BUBAR) < Tom Yam Pak Long. Samping Jembatan Kapuas

Kemana tempat yangmenyenangkan dan menu segar untuk berbuka puasa? setelah seharian menahan nafsu makan dan dahaga pastinya membutuhkan sesuatu yang menyegarkan dan tentu saja cukup menhgenyangkan. Membutuhkan sedikit waktu untuk memikirkan. Pilihan makanan tepat untuk dinikmati adalah TOM YAM. Pasti menyenangkan sekali, asem dan sedikit pedas serta rasa gurih segar. Nah sekarang kita akan segera meluncur kesana untuk mendapatkan kesegarannya.

Selama perjalanan keadaan jalan raya cukup padat karena banyak kendaraan yang berusaha mencapai kerumah masing-masing untuk berbuka puasa. Belum lagi akses penduduk yang berada di seberang sungai kebanyakan memang melalui jembatan Kapuas 1 ini, karena bersa ditengah kota dan memudahkan untuk secepatnya sampai kerumah. Perempatan lampu meraj Jalan Pahlawan. dan berbelok kearah kanan sedikit dan selanjutnya masuk ke jalan kecil disebelah kiri lampu merah. Entah apa nama jalan kecil ini, agak sulit memang menggambarkannya. Akses yang kecil tapi cukup untuk membuat kita sampai ketempat penuh kesegaran. Penasaran dengan rasa dan tampilannya? Yuk ikut saya ke warung tom yam Pak Long. Let’s Go Blogger…..!!!






Tom yum (bahasa Thai: ต้มยำ, IPA: [tôm jām], juga terkadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal.
Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

Sampai…..!! menyenangkan sekali bisa memarkir kendaraan dijalan sempit ini, muka terasa tebal dengan tebu, tapi saya harap rasa makanan disini dapat menghapuskan semua semua kepenatan diri. Lanhsung deh, begitu sampai ditempat. Sesegera mungkin memesan semangkuk tomyam hangat, sepiring nasi putih dan tentu saja segelas es jeruk kecil segar. Menunggu sekitar 10 menit membuat saya semakin tidak sabar untuk mencicipinya. Sudah tergambar semangkuk kuah benih merah berisi bermacam-macam seafood akan hadir didepan saya dan tentu saja arom khas ini akan menusuk hidung .

Datang….! pesanan saya tiba secara bersamaan. Mata saya langsung berbinr melihat semangkuk penug tom yam dengan isian seafoot yang bermacam-macam. Aromanya yang berhembus begitu menyegarkan. Waktuya saya untuk membongkar isi mangkok yang telah tersaji didepan saya. Pertama terlihat adalah 4 ekor udang windu ukuran sedang, beberapa potongan cumi, dan dicampur dengan cayuran yang cukup mengejutkan saya, hal yang lain daripada biasanya dengan tambahan jagung muda, kubis dan wortel. Hmmmmm saya merasa agak janggal dengan rasa yang ditawarkan. Namun saya masih tidak terganggu dengan rasanya. Lumayan, mangkuk bisa terisi penuh hehehe.

Bagaimana dengan rasa makanan ini? Aromanya sudah tidak diragukan lagi, Aseli deh TOM YAM. Mantap juga, rasa asam, pedas dan gurih sudah pas, udang yang digunkan juga manis,menandakan udang ini masih baru dan segar, cuman lidah saya masih berusaha menerima rasa wortel, dan jagung muda didalam makanan ini, hmmmm saya suka aroma daun jeruk ini. Kebetulan untuk yang kali ini kuah yang dihadirkan tidak keruh, saya pikir karena ini tidak menggunakan kemiri. aroma serai yang dicampurkan kedalam makanan ini juga cukup kuat sehingga amis dari seafood benar-benar hilang. Saya suka rasa mantap udang ini, namun sayang cuminya terlalu sedikit. dan ngga ada ikan kakapnya hehehehehe duh duh…. bisa dilang terus nih! nyummy. Seporsi tom yam 15 ribu rupiah aja, es jeruk 2500 dan nasi putih 3000. Mari makan enak…………!!!
Ada yang mau mencoba buat sendiri?? yukkkkk marehhh


Bahan:

- 40 gram udang sedang, kupas kulitnya dan dibelah punggung
- 200 gram cumi-cumi putih, dipotong melingkar
- 150 gram fillet kakap, dipotong kotak-kotak
- 200 gram kerang hijau masih berkulit, dicuci bersih
- 75 gram jamur merang segar, dibelah dua
- 3 batang sereh, dimemarkan
- 7 lembar daun jeruk
- 5 sdm kecap ikan
- 10 cabe rawit merah, sedikit dimemarkan pangkalnya
- 1 sdm daun ketumbar, cincang
- 2 sdm minyak goreng
- 2 1/2 sdt garam
- 1 1/2 gula pasir
- 1500 ml kaldu seafood
- 5 sdm air jeruk nipis

Bumbu yang dihaluskan :

- 4 buah cabe merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt terasi goreng
- 3 butir kemiri sangrai

Cara membuat:

1. Rebus kaldu seafood, sereh, daun jeruk, udang, cumi, fillet, kakap, kerang, jamur, garam dan gula di api kecil hingga harum.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum.
3. Masukkan kecap ikan ke tumisan bumbu, aduk sebentar, lalu angkat.
4. Campurkan tumisan bumbu ke dalam rebusan seafood hingga meresap.
5. Sebelum diangkat, masukkan cincangan daun ketumbar, cabe rawit dan air jeruk nipis. Angkat dan hidangkan hangat-hangat.

Catatan:
Agar kuah tidak Tom Yam tidak terlalu keruh, jangan terlalu sering di aduk.



Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.