Adv

Makanan pembuka < Sup jagung

Beberapa manikmati makan siang, hal yang sering tersaji sebagai makanan pembuka adalah sup jagung manis, rasanya memang gurih dan mengugah selera, aromanya yang segar dan perpaduan warna yang menggoda terkadang membuat nafsu makan kita juga terbangkitkan. Memang sup ini terlihat kental dan ada beberapa penambahan didalamnya. Rasa yang gurih dan bercampur manisnya jagung akan membuat kita merasa nyaman dengan rasanya.

Kalau ditilik dari rasa, memang sup jagung hampir dapat diterima semua lidah, rasa sup jagung masuk kedalam kategori makanan normal. Tidak ada rasa yang tajam dan aroma yang tajam. Bahan-bahan yang ditambahkan juga tidak terlalu banyak sehingga anda yang tidak suka disalah satu bahan tidak usah terlalu repot untuk membongkar dan memilah-milahnya satu persatu. Lalu ..... bagaimana selanjutnya? Let's go blogger....!!! ciaooooo!!


Kemaren dibeberapa tempat makan siang saya sempat beberapa kali disuguhkan menu sup jagung sebagai makanan pembuka makan siang, kalau dibongkar campurannya tidaklah terlalu banyak yang ditambahkan didalamnya. Sebut saja jagung muda, potongan ayam, jamur dan tentu saja putih telur yang dikocok lepas, untuk pengentalnya bisa saya tebak menggunakan maizena karena dari tingkat kekentalannya bisa terlihat.

Sebenarnya sup jagung ini juga bisa ditambahkan bahan lain yang tidak kalah nikmat. sebut aja asparagus atau mungkin menggunakan cream sehingga nantinya tidak berwarna bening tetapi menjadi putih, kaldu yang ditambahkan juga tidak harus ayam, bisa diganti dengan kaldu sapi atau sefood dan ini bearti akan mempengaruhi campuran yang ada didalamnya, tidak ditambahkan potongan ayam lagi tapi diganti dengan sapi atau seafood sesuai dengan kaldu yang digunakan. Untuk sentuhan akhir juga bisa ditambahkan parutan keju cheddar diatasnya. Semakin dahsyatlah rasanya. Oh ya, untuk menambahkan keindahan lainnya dan warna hijau boleh juga ditambahkan kacang polong.

Dari segi rasa pasti gurih dan mengandung cukup banyak karbohidrat dan sebaiknya tidak terlalu banyak dikomsumsi saat makanan pembuka karena masih ada menu makanan utama yang harus disantap. Lagipula biasanya sudah disediakan mangkuk sup yang sesuai takaran sesuai dengan makanan pembuka. Jadi pastikan mengambil sesuai dengan takaran agar kita masih punya tempat untuk menikmati makanan berikutnya.

Pengen membuat sendiri dirumah? silakan mencoba membuat sendiri karena makanan ini termasuk kategori makanan yang gampang dibuat dan tidak memerlukan banyak keahlian ditambah idak memerlukan waktu yang panjang untuk mengolahnya. Selamat mencoba

resep Cream Soup Jagung Manis

Bahan:
1300 ml kaldu ayam/air
200 ml susu tawar cair
100 gram jagung muda pipilan
60 gram kacang polong
50 gram wortel potong dadu
150 gram daging sapi/ayam, potong dadu 1 x 1 cm
1 ½ sendok makan tepung terigu
½ sendok teh kaldu instant rasa daging
1 ½ sendok makan margarin

Bumbu:
4 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan bawang Bombay cincang
1 sendok makan sledri cincang
½ sendok teh oregano kering
½ lada halus
1 sendok teh garam halus

Cara Membuat:
1. Panaskan mentega, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan tepung terigu aduk hingga berbutir halus. Tambahkan daging sapi, masak hingga daging berubah warna.
2. Tuang kaldu, susu tawar cair, kaldu instan, jagung manis pipilan, kacang polong dan wortel, aduk rata. Masak hingga mendidih.
3. Tambahkan lada, oregano dan garam. Masak hingga mendidih dan semua bahan matang.
4. Sesaat sebelum diangkat tambahkan seledri cincang. Angkat. Sajikan panas. Sup makin lezat jika dihidangkan dengan taburan keju cheddar parut. *net




5 komentar:

  1. hmmm lezaaaatt. coba ah buat suppp

    BalasHapus
  2. iya, gampang kok.... klo pas jadi enak malahannn

    BalasHapus
  3. enak rasanya,,,

    BalasHapus
  4. membuatnya juga ngga susah, jadi ngga perlu beli yang instant :)

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.