Adv

Makan Siang < Paket Ayam Kalasan Lengkap, Food Court Pontianak Mega Mall

Wuih, Ke Mall lagi ke Mall lagi, bingung mau kemana, makan siang kali ini lagi-lagi membingungkan, setelah melihat-lihat film yang akan dan sedang di tayangkan di 21, melihat buku-buku di gramedia sampai menganggu mbak-mbak penjaga matahari departemen store dan ngga ketinggalan juga ngelihat beberapa item pakaian di beberapa distro.

Nah sekarang waktunya untuk menikmati makan siang. Berhubung week end, kayanya boleh juga nih makan yang agak berat. Akhirnya kita putuskan untuk mencari makanan di Food Court dengan aasan bisa memilih banyak jenis makanan. Dari beberapa stand yang ada di A Yani Mega Mall lantai 3, banyak sekali stand makanan dan minuman yang dijajakan disana tapi ada beberapa pula yang kosong. Saya ngga mungkin menyebutkan nama-nama standnya karena itu termasuk berpromosi hehehe ;). Ntar ajah deh kalau mereka brencana untuk membayar biaya promosi di blog saya hehehe. By the way, jenis makanan yang dijajakan disini juga beragam namun didominasi oleh makanan tradisional. Ini dimungkinkan karena banyak restoran fast food disekitaran sini sedangkan untuk minumannnya disediakan banyak pilihan mulai dari yang tradisional sampai minuman mix ala penjual dengan naman beragam dan aneh. Untuk Masalah harga, jelas pasti lebih mahal dari biasanya. Maklum di Mall. Tapi bagaimana rasanya? apakah akan menyesuaikan dengan harganya?? Let's Go Blogger ;~ :z What you waiting for?

Akhirnya setelah dua kali memutar diarean food court sambil memilih-milih makanan, akhirnya mata saya tertuju pada salah satu stand dekat pintu keluar, tepatnya dua blok sebelum pinto keluar. Banyak ditawarkan menu tradisional disini mulai yang berjenis kuah sampai yang kering, mulai dari pemesanan per item sampai dengan pemesanan perpaket. Kali ini saya akan mencoba jenis makanan .... taraaaaaataaaaaaa teot... 1 paket ayam kalasan komplit.

Apa aja yang bisa ditemukan dalam paket ayam kalasan komplit ini?? Penasaran yah? Oke tenang dulu. Saya kasih tahu yah. Satu potong ayam kalasan yang dipotong seperempat bagian dari ayam, 1 potong tempe dan tahu goreng plus remesan, lalapan yang terdiri dari potongan ketimun dan daun selada, dan ditambah dengan potongan nanas yang dipotong kecil-kecil ditambah udang ebi yang hanya direndam air panas, nasi putih berbalut daun pisang dan ditaburi dengan bawang goreng, ada satu cup kecil sambal bajak dan ditambah dengan semangkuk kecil sayuran santen yang berisi labu siam dan kacang panjang.

Apa yang paling menarik dari makanan ini? Apa yah? Bingung! :) yang jelas Ayam kalasannya sendiri adalah ayam kampung dan cukup empuk untuk dinikmati namun menurut saya bumbu yang digunakan masih belum menimbulkan rasa gurih dan mantep, namun ramuan ayam kalasan ini cukup menggugah selera. Penilaiannya "Lumayan". Hmmm ubtuk tempe dan tahu serta kremesnya dalam tahap normal-normal saja, menurut saya untuk membuat kremes yang enak sebaiknya ditambahkan tepung kedelai dengan jumlah berimbang dengan tepung lainnya. Nasinya kurang pulen namun penambahan bawang goreng dan dibungkus dengan daun pisang dapat menimbulkan aroma yang bagus. Justru yang menurut saya paling menarik adalah potongan nanas yang ditambahkan ebi yang sebelumnya direndam dengan air panas. Sambal bajaknya boleh juga, namun menurut saya kurang pedas sedikit, saran saya untuk sambal yang dibatasi jumlahnya seperti ini sebaiknya lebih pedas satu tingkat diatas normal karena pembeli tidak dapat meminta tambahan sambel. atau sebaiknya sambal tambahan disediakan diatas meja. Selanjutnya sayur santan yang disajikan terasa lebih asam dan sepertinya kebanyakan menambahkan asam jawa.Namun lumayan juga untuk menambah serat dan menghilangkan keselek :) yup! all around untuk kenikmatan ini dihargai Rp.17.000,- perpaket. Lumayan juga hehehehe. Kenyang juga menikmati sepaket makanan ini.

Nah sekarang waktunya saya membagikan resep bagaimana cara membuat ayam goreng berbumbu yang enak, paling ngga bisa menggantikan menu ayam kalasan yang saya bahas tadi. Bukannya apa-apa sih, terus terang saya ngga tertarik untuk membuat ayam kalasan ini. mari kita buat bareng-bareng. :~ :z
Ayam Goreng Berbumbu

Ayam Goreng Berbumbu, sangat lezat dengan bumbu yang garing, dan gurih....membuat Ayam Goreng Berbumbu pas untuk selera keluarga.

Bahan:

Ayam Kampung 1 ekor

Santan 500 cc dari 1/2 buah kelapa.

Daun Salam 2 lbr

Lengkuas 1 ruas.

Serai 1 batang dimemarkan

Garam.



Bumbu Halus:

Bawang Putih 4 bh

Bawang Merah 6 bh

Kemiri 5 bh

Ketumbar 1 sdm

Gula merah 1 sdm.



Cara memasak:

Potong-potong ayam menjadi beberapa bagian.

Tumis bumbu halus masukkan ayam aduk-aduk tambahkan santan dan daun salam, lengkuas, serai, garam.

Masak sampai ayam empuk dan santan kering mengental.

Angkat, dinginkan.



Lalu goreng ayam dengan minyak banyak sampai kecoklatan, juga sisa bumbu.
Jangan Lupa. Lemon tes merupkan pilihan tepat untuk menkmati hidangan ini.

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.