Adv

Menu Makan Siang < Nasi Uduk Campur Aduk

Wuahhhh... Laper banget nih... Dari siang blom makan sama sekali, :# Udanh ngga tahan lagi. Mau makan apa ya kira-kira?? :~ harus makanan yang bisa menenangkan hati sekaligus menenangkan cacing-cacing yang sudah berdemo dari tadi pagi :D :D repot juga nih klo sampai mereka ngambek. Bisa gawatkan... Bisa-bisa populasinya berkurang :z Kemaren sih sudah merencanakan untuk makan nasi uduk tapi juga pengen makan sayuran yang banyak juga. terus lagi kepengen makan acar timun juga.... hehehehe bingungkhan para blogger. Banyak banget yah menunya....

Akhirnya saya memutuskan untuk menikmati menu nasi uduk plus tumis sawi, udang goreng tepung, sapi lada hitam dan ayam bumbu rujak..... Wuih... gila banget... banyak jenisnya yah... tapi tenang aja porsinya kecil kok dan masih bisa diterima ama perut normal heheheheeh :D :~ Lets Go Blogger... :~

Nasi uduk, nasi berbumbu yang gurih dan banyak disukai banyak orang hampir diseluruh Indonesia. Biasanya nasi ini dihadirkan untuk acara-acara tertentu seperti perayaan keagamaan dan adat istiadat. Menu yang pasti berdampingan dekat adalah lalapan, sambal dan ayam goireng yang telah diungkep terlebih dahulu. Cara membuatnya juga ngga begitu sulit kok

Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari.

Nasi Uduk

Bahan:
Beras 1 kg, cuci bersih.

Santan dari 1 butir kelapa, buat menjadi 1250 cc

daun salam 2 lbr.

lengkuas 1 ruas dimemarkan.

daun pandan 2 lbr.

garam 1sdt.

bawang merah goreng.



Cara memasak:

Masak santan dengan daun salam, lengkuas, daun pandan dan garam sampai mendidih.

Campur beras, aron sampai santan mengering. Lalu kukus sampai matang.

Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

Nasi uduk memang bener-bener nikmat jika dinikmati dengan berbagai makanan yang juga bercita rasa gurih, sedep banget dengan paduan sambal terasi yang lumayan manis dan pedas.
ayam goreng atau daging bersantan sungguh pas dan nikmat. cocoklah dengan minuman seger dan asem.

Nah salah satu menu pendamping yang saya pilih kali ini adalah ayam bumbu rujak. Enak banget nih. Saya terpesona dengan rasanya
Tidak terlalu sulit untuk membuat jenis makanan ini tingkat kesusahannya sedengan ajah. akan lebih enak juka ayam tersebut dibakar untuk penyajian akhirnya, akan menimbulkan aroma dan rasa yang lebih lezat karena ada efek gosong.

Ayam Bumbu Rujak
Ingredients:
1 ekor ayam, potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan atau cukup dibelah 2
2 btg sereh, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lbr daun jeruk
2 sdm gula merah (pakai gula pasir atau gula lain juga boleh)
2 sdm air jeruk nipis
2 sdm minyak untuk menumis
200 ml santan

Bumbu yang dihaluskan:
1 iris kecil jahe
1 sdm garam
1 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
3 bh cabai merah
5 btr bawang merah
5 btr kemiri
1/4 sdt merica

* bila suka, boleh ditambahkan kencur seiris kecil, haluskan bersama bumbu halus.

Directions:
1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan selama ± 15 menit.
2. Bumbui dengan garam dan merica kemudian goreng.
3. Angkat dan sisihkan.
4. Tumis dengan minyak bumbu yang telah dihaluskan, masukkan sereh, lengkuas dan daun jeruk.
5. Tumis sampai layu.
6. Masukkan santan dan gula merah, aduk, bumbui, masukkan ayam, masak sampai kuah kental, angkat.
7. Hidangkan.

* Bumbu sesuaikan dengan selera, bila ingin lebih manis tambahkan gula dstnya
** Bila suka, setelah ayam dimasak bersama bumbu boleh dipanggang di atas bara api, hasilnya lebih nendang.

Nah.... jarang emang menemukan nasi uduk berpasangan dengan ayam bumbu rujak. tapi ngga salahnya buat mencoba. Toh rasanya juga enak dan ngga mengecewakan.
Mantaplah......! mau mencoba perpaduan ini??? Untuk menu yang lain seperti sudah prnah saya bahas ditulisan-tulisan sebelumnya.......... Selamat menikmati!! :~ :z :z :~

2 komentar:

  1. beneran laper deh om hmmm yummmyyy

    main juga dunk ke ipanks

    BalasHapus
  2. hehehehehe laper yah..... saya juga.... yuk makan bareng2 mencari yang enak2 tapi saya dibayarin yah hehehehehehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.