Adv

Cemilan Hari Ini < Gethuk Lindri, Roti Abon dan Sandwich Sosis



Wah sedep.... cemilan saya hari ini bener bener luar biasa... banyak pilihan dan banyak jumlahnya hehehehe, mungkin cemilan saya saat ini bisa jadi pilihan cemilan juga buat para Blogger ;) :~ roti dan kue ini emang pas banget dinikmati dengan kopi atau teh hangat, yang jelas, saya pastinya akan memilih kopi untuk menikmati makanan tersebut (coffee addict gitu loh) sudahlah.... :D jangan diperdebatkan yah... kebiasaan sore yang paling menyenangkan adalah mengemil dan semilan pilihan saya sore ini adalah Gethuk lindri, Roti abon dan sandwich mini sosis ada juga pilihan kacang mede goreng dan emping manis. Mari para blogger kita cicipi bersama-sama nikmatnya kue-kue ini... :~ jangan sampai ketinggalan ya....! :z :z :z

Kue pertama yang sangat menarik perhatian untuk saya nikmati adalah gethuk lindri, kayanya pas nih! dengan seruputan kopi saya. Gethuk Lindri, sewaktu di malang dulu pastinya yang terkenal adalah lindri cak budi yang beralamat di kumis kucing dan konon ada kekhasan penjual gethuk, yakni memutarkan lagu dangdut sekencang-kencangnya saat berkeliling jualan :D tarik terus mannnnng...!
Gethuk lindri sendiri adalah kue rakyat yang telah mendunia karena udah masuk kedalam daftar menu hotel-hotel internasional bintang 5
Rasanya yang legit dan gurih membuat saya tidak bosan dengan rasanya, apalagi sekarang sudah banyak rasa dan aroma yang bisa ditambahkan kedalamnya :~ mari kita cek bagaimana membuatnya!!

Bahan :
250 gr gula pasir
150 ml air
1 sdt vanilli
1 kg singkong, dikupas dan dikukus, buang seratnya
½ butir kelapa, parut
gula pasir secukupnya untuk taburan
garam secukupnya untuk taburan
Pewarna merah, kuning dan hijau

Cara membuat :
1. Rebus air dan gula, masukkan vanilli, bagi menjadi 3 bagian masing-masing beri pewarna.
2. Tumbuk atau giling singkong kukus yang masih panas bersama setengah bagian dari kelapa parut tadi hingga halus
3. Sesudah halus, bagi adonan singkong menjadi 3 bagian, masing-masing bagian dituangi dengan larutan gula yang telah diberi pewarna sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
4. Sesudah rata, masukkan adonan ke dalam gilingan daging. Giling dan potong-potong sepanjang kira-kira 5 cm.
5. Hidangkan getuk lindri ini dengan sisa kelapa parut yang telah diberi sedikit gula pasir dan garam.

BTW ada yang tahu ngga kenapa namanya GETHUK LINDRI??? ;) lestarikan pusaka kuliner

Cemilan kedua adalah Roti Abon, roti ini terasa manis asin gurig dan cocok dinikmati dengan kopi pahit.... matapfszz.... :! Entah kenapa saya selalu tergila-gila dengan roti ini dan setiap pergi ke Bakery pasti nyari roti abon yang pedes. duh.... ngilers.... ;) gimana cara buatnya yah....

Bahan:

1. 1500 g tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra
2. 500 g tepung terigu protein sedang/medium wheat/cap segi tiga biru
3. 400 gula pasir
4. 35 g ragi instan/fermipan
5. 300 g mentega/margarin
6. 500 ml susu tawar cair
7. 1 sdt bread improver/pengempuk roti/baker bonus
8. 400 ml air es/air dingin
9. 160 g telur
10. 25 g garam halus
11. Olesan, aduk rata:
12. 4 butir kuning telur
13. 4 sdm susu tawar cair
14. 2 sdt gula halus
Plus Abon.... ayam, daging atau tuna

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu dengan ragi instan, gula pasir, bread improver, telur dan garam di dalam mangkuk mixer roti/mangkuk adonan. Jalankan mixer kecepatan 1 selama 2 menit. Tuang air, susu tawar cair. Jalankan 2 menit, hentikan pengadukan dan tambahkan margarin/mentega. Aduk kembali selama 10 menit atau hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis.
2. Bulatkan adonan, letakan di dalam tempat tertutup dan hangat. Fermentasikan/diamkan selama 50 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan, bagi masing-masing adonan menjadi potongan seberat 30 g. Bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
3. Giling adonan, hingga ketebalan 1 cm.
# Letakan adonan yang sudah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Beri beberapa keratan dengan pisau tajam pada bagian atasnya. Fermentasikan kembali selama 45 menit. Olesi permukaanya dengan bahan olesan.
# Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 190 derajat celsius selama 10-15 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, oleskan olesan dantaburi abonnya.

Tip: Langkah 1 (pengadukan dengan mixer roti) bisa diganti dengan cara mengaduk dengan tangan. Metodenya diuleni dan dibanting-banting hingga adonan kalis.

Olesan Pada Roti Abon
Bahan:
3 sdm mayones
1 sdm mustard
2 sdm gula halus
Cara:
Aduk jadi satu ketiga bahan sampai rata. Hasilnya jadi mengkilap rada bening.

BTW ada yang tahu ngga kenapa namanya ABON heheheheh :D

Makanan ketiga yang ngga bole dilewatkan sore ini adalah sandwich sosis. pedes dan gurih... cocok juga ma kopi hehehehe sedep bangetlah pokoknya... sebenarnya kue ini cocok untuk sarapan sih, tapi karena kali ini bentuknya mini jadi dibuat cemilan aja deh heheheheh... yuk buat bareng-bareng.....

Bahan:
6 lembar Brown bread atau roti tawar putih
100 ml mayonnaise
1 sdm saus sambal botolan
6 sosis potong 3 bagian
100 gr paprika merah dan hijau, potong dadu panjang
60 gr daun selada, potong-potong
Cara Membuat:
1. Potong roti tawar dengan bentuk sesuai selera, beri potongan daun selada dan campuran saus mayonaise + saus sambal.
2. Tambahkan potongan sosis dan paprika di atasnya. Sajikan segera.
Untuk 6 Porsi

Tips:
1. Sandwich ini jenis open sandwich dan cool sandwich, cocok disajikan dingin.
2. Untuk variasi rasa, sebelum digunakan roti tawar bisa diolesi margarin dan bawang putih yang dihaluskan. Panggang dalam suhu rendah hingga kering. Roti ini menghasilkan sandwich yang lezat dengan wangi bawang putih.
3. Untuk memperkaya cita rasa, taburan keju cheedar parut bisa ditambahkan pada sandwich
Wah menyenangkan kalo bisa ngemil bareng para BLOGGER.... kumpul yuk blogger pontianak.....! peace.....! jangan lupa... nikmati semuanya bersama COFFEE! :z :z :Z :z

3 komentar:

  1. wah menggugah selera ni....pa lagi ada secangkir kopi panas nya :D

    BalasHapus
  2. mantap, enak, lezat and always delicious

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.