Adv

Manisan Segar, Cemilan Siang Hari



Wah... :z waktu nyeritain ini, rasanya liur saya menetes terus, rasanya enak banget, seger banget dan ada sesuatu yang khas untuk manisan Pontianak, :D By the anyway Busway, penjual manisan ini banyak sekali di Pontianak yang jelas, manisan Langganan saya ada di Terminal Kota Baru (Pasar Kemuning, Jl Prof Dr Hamka), pas ditempat masuknya oplet alias aknutan kota (angkot), setahu saya, ;) bapak penjual manisan ini sudah jualan semenjak saya masih SD, ada juga penjual manisan di sekitar pasar Sudirman (Jl. Nusa Indah), (disana ada es teler enak banget.....!!!) terus ada juga penjual didepan Pasar Swalayan Harum Manis (JL Agus Salim), tapi jangan beli disana, soalnya mahal banget masa sampai Rp.5000,- satu bungkusnya....! :# :~ :~

Saya jadi penasaran pengen buat sendiri hehehehe ;) berhasil ngga yah?? :y


Nah ini ada beberapa cara membuat jenis manisan, yuk buat sama-sama :~ biar ngiler sama-sama :D

Manisan Jambu
Bahan :

1/2 kg jambu biji mengkal, iris memanjang, rebus sampai lunak
500 cc air
200 gram gula pasir
1/2 sendok teh sitrunzuur (asam sitrun)
garam secukupnya

Cara Membuat :

Didihkan air, gula, garam, sitrunzuur. Tambahkan jambu.
Masak dengan api kecil 10 menit. Angkat dari api. DInginkan
(resep untuk 4 porsi)



Manisan Pepaya
Bahan :

1/2 kg pepaya mengkal, iris tipis
750 cc air kapur sirih
600 cc air
200 gram gula pasir
1/2 sendok teh sitrunzuur
garam secukupnya
Cara Membuat :

Pepaya direndam air kapur sirih 1 jam. Bilas dengan air.
Didihkan air, gula, garam, strunzuur. Tambahkan pepaya.
masak dengan api kecil 30 menit. Angkat dari api. Dinginkan.
(resep untuk 4 porsi)

Manisan Kedondong
Bahan :

1/2 kg kedondong muda (kecil-kecil)
750 cc air kapur sirih

750 cc air
200 gram gula pasir
1/2 sendok teh sitrunzuur (asam sitrun)
garam secukupnya
Cara Membuat :

Kedondong direndam air kapur sirih 1 jam. Bilas dengan air

Rebus kedondong dan air sampai matang
Beri gula, garam, sitrunzuur. Rebus mendidih
Masak dengan api kecil 30 menit. Angkat dari api. Dinginkan.

(resep untuk 4 porsi)



Manisan Salak
Bahan :

1/2 kg salak, buang bijinya
750 cc air

250 gram gula pasir
1/2 sendok teh sitrunzuur
garam secukupnya
Cara Membuat :

Didihkan air, gula, garam, sitrunzuur. Tambahkan salak.
Masak dengan api kecil 20 menit. Angkat dari api. DInginkan
(resep untuk 4 porsi)


Manisan Mangga
Bahan :

1/2 kg mangga mengkal, iris tipis

750 cc air kapur sirih

500 cc air
200 gram gula pasir
1/2 sendok teh sitrunzuur (asam sitrun)
garam secukupnya
Cara Membuat :

Mangga direndam air kapur sirih 1 jam. Bilas dengan air
Didihkan air, gula, garam, sitrunzuur. Tambahkan mangga.
Masak dengan api kecil 15 menit. Angkat dari api. Dinginkan.

(resep untuk 4 porsi)


Manisan Nanas
Bahan :

1buah nanas, iris melintang
750 cc air kapur sirih

500 cc air
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh sitrunzuur (asam sitrun)
garam secukupnya
Cara Membuat :

Nanas direndam air kapur sirih 1 jam. Bilas dengan air
Rebus Nanas dan air sampai matang
Beri gula, garam, sitrunzuur. Rebus mendidih
Masak dengan api kecil 15 menit. Angkat dari api. Dinginkan.

(resep untuk 4 porsi)
Selamat mencoba dan berjuang yah....!


Oh ya, gimana dengan rasa manisan langganan saya itu? rasanya manisannya sendiri manisnya enak, mungkin karena ngga make pemanis buatan, kalaupun ada ngga terlalu banyak, penambahan zat pewarnanya juga ngga terlalu berlebihan sehingga tidak terlalu pahit, tampilannya juga menarik, rasanya buah-buahannya juga seger dan masih krezzz nyezzz enak buat digigit, rasa asemnya juga ngga keterlaluan dan masih bersahabat dengan lidah pemula. Oh ya hati-hati juga dalam pemberian kapur sirih dan citrunzuur (asam citrun) ya, karena kalo kebanyakan bisa menyebabkan lidah atau mulut menjadi luka.

Wah... :D tambah ngiler yah? hehehe apa nih yang special, nah itu dia, ada garam cocolan yang menurut saya sebagai penambah rasa mantap dari manisan ini, rasanya semakin kaya aja. Manis, asem, asin dan gurih berbaur menjadi satu didalam mulu. mantep banget.... penasaran juga dengan bumbu dari garam ini, menurut sibapak penjual. bumbunya sederhana aja, garam gurih, sedikit vetsin, cabe bubuk dan terasi udang yang telah disangrai kering. Semuanya dicampur menjadi satu, yang perlu diingat adalah pemilihan terasi yang berkualitas dan garam tersebut harus tetap dalam keadaan kering dan dijaga jangan sampai lembab..... :~ :z :z :z mantap bener...... oh ya dilangganan saya itu, satu bungkusnya dihargai Rp.2000,- , udah banyak kok... selamat ngiler :z :z

3 komentar:

  1. iya,ya.. manisan Pontianak emang terkenal ya..... :)

    huhuyyyyy ternyata bumbunya macem2 ya....... ^^

    BalasHapus
  2. iya nih... saya aja ampe ngiler nulis poostingan ini... ngga ku... ku.... :)

    BalasHapus
  3. wah...enak deh kayaknyaa..

    jadi ngiler...hihikz

    anyway, lo mampir ke tempat gw sambil ngopi..
    *kopinya bawa sendiri ato mo numpang?? kalo numpang gak boleh..hehe*

    y audah deh, lam kenal

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.