Cara Radio Merekrut Penyiar

Biasanya radio itu kalo lagi musim nyari penyiar bisa dapet antara 500-1000 lamaran...dengan berbagai macam persyaratan dan attachment required..ada yang pake rekaman siaran.. ada yang biasa aja.. cuma cv foto.. ada juga radio yang karena pengen nyari penyiarnya based on looks, jadi minta foto satu badan kayak agency model... (hari gini...)lalu kita, si orang program, punya waktu 5-6 hari buat mensortir 500-1000 lamaran ini
klo pengen masuk dunia broadcast harus tahu cara penyeleksiannya.... nah ini adalah salah satu contohnya buat salah satu radio di bandung silakan baca yah.... mudah2an sukses yang pgn jadi crew radio!!!!!

Ayo kerja di radio seperti Tukang Jalan Jajan
Ayo kerja di radio seperti Tukang Jalan Jajan
Biasanya radio itu kalo lagi musim nyari penyiar bisa dapet antara 500-1000 lamaran...dengan berbagai macam persyaratan dan attachment required..ada yang pake rekaman siaran.. ada yang biasa aja.. cuma cv foto.. ada juga radio yang karena pengen nyari penyiarnya based on looks, jadi minta foto satu badan kayak agency model... (hari gini...)lalu kita, si orang program, punya waktu 5-6 hari buat mensortir 500-1000 lamaran ini.. disela-sela kesibukan kita yang emang udahsibuk banget di radio..wah ajaib juga ya.. 5-6 hari buat ngebukain amplop.. ngebaca cv,ngedengerin tape dan CD (aaarrghhh!! ) sambil kadang2 ada yang nitip..anaknya inilah.. ponakannya bagian event lah.. pacarnya operatorlah. .privilege-nya fans club lah.. trus kita harus melakukan ini sambilnerima telepon dari klien yang nanyain itu sunsilk kok dibacanya sunslik.. sambil harus bikin proposal buat marketing jualan program,sambil nyari pengganti penyiar gara-gara ada penyiar yang mendadak ada kuliah tambahan.. maka dari itu teman2.. ini adalah hal yang nggak mungkin.. so sometimes ini yang kami lakukan..(diluar cara-cara konvensional lainnya)

Ayo kerja di radio seperti Tukang Jalan Jajan
Ayo kerja di radio seperti Tukang Jalan Jajan
1. Sort By Photo: setelah lelah mensortir 300 lamaran pertama..sisanya kita liat fotonya aja.. wah ini ganteng nih.. wahh ini lumayan nih.. udah yang ini aja nih.. mukanya mirip BCL.. kalo jelektrainingnya kita jadiin reporter aja..

2. Sort By Creativity: Nah ini advantage buat yang ngasih lamarandalam bentuk lucu-lucuan. . seperti message in the bottle style, atauada yang di kaos.. atau bikin layangan, dulu pernah ada dia nganterinlamarannya pake baju angel.. atau cuma pake kolor ijo.. (ini kadang2nggak berhasil buat radio yang front officenya rada jauh ama ruangsiaran..). Karena lamaran2 seperti itu bener2 menonjol dibandingkandengan those boring standard brown envelope

3. Sort By Status Sosial: Sad but true.. Kadang-kadang entry pelamardiliat dari hmm.. Pernah nggaknya dia keluar negeri. Kondang nggak nih orang.. wah banyak yang kenal nih.. ini anak gaul bandung.. wah dia SMP-nya di kanada... yang ini SD-nya di Timtim..tapi itu kan sebelum timtim jadi luar negeri..

4. Sort By Kenalan: ah.. ini mah udah bukan rahasia lagi.. tapihebatnya radio-radio Bandung ini, mereka cukup fair di stagetraining.. kalo emang KKN tapi pas training jelek banget.. ya tetepaja di keluarin..

5. dulu juga pernah ada ide lain buat nyari pelamar yang ok.. dengancara diayak.. cuma aku nggak nemu ayakan gede di radioku dulu..jadinggak jadi..Ini mungkin bikin beberapa orang jadi rada bete atau down.. tapiinilah kenyataannya. . buat ngeraih cita-cita kamu, nggak cuma denganskill aja tapi juga dengan kemasan, dan beberapa trik karena sekalilagi.. ini kenyataannya. . they're simply too busy. Terdengar arogan..tapi mereka cuma manusia, yang punya batasan dan teloransi ketahananbadan..mudah-mudahan bermanfaat

Ayo kerja di radio seperti Tukang Jalan Jajan
Mo Sidik Zamzamidari 3 kali ngelamar radio, yang ke-tiga baru dipanggil interview
www.mosidik. com more blogs about radio, and the home of MO INDO 9

NB : Ini adalah postingan dimilis penyiar.com yang kuambil buat ngisi blog ku.... makasih masi sidik
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.